Sabtu, 02 Juli 2011

Sumber Informasi & Mesin Pencari

Saat ini banyak orang yang lebih suka membaca / mencari infomasi melalui internet dibandingkan melalui buku, majalah atau media cetak lainnya. Hal ini dikarenakan banyaknya informasi yang dapat diakses secara bebas melalui internet.
—   Internet berisi kumpulan informasi (World Wide Web) dari seluruh dunia. Dengan banyak ragam informasi yang disediakan oleh internet, tentunya timbul keinginan untuk mencari informasi secara spesifik, sehingga kita tidak harus melakukan browsing ke banyak halaman web yang dapat melelahkan dan menghabiskan waktu. Pencarian informasi secara spesifik ini dapat dilakukan oleh mesin pencari [Search Engine].

—  Mesin Pencari
—  Mesin Pencari [Search Engine] adalah sebuah situs yang memberikan layanan untuk mencari website atau informasi yang kita inginkan dengan memasukkan kata kunci [keyword].
—  Mesin Pencari menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web.
—  Cara kerja mesin pencari ini adalah memeriksa semua kata kunci [keyword] yang diketikkan pengguna kedalam database yang dimiliki. Jika ketemu, maka mesin pencari akan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan keterangan singkat dan diurut berdasarkan kemiripan hasil pencarian dengan bahan yang dicari.



—  Keuntungan Mesin Pencari
—  Semakin luas komunitas internet menyebabkan semakin tinggi tingkat kesulitan dalam mencari suatu alamat situs tertentu apabila kita tidak mengetahui alamat URL-nya (hal ini dapat diilustrasikan seperti mencari 1 rumah dalam suatu kota besar).
—  Beberapa keuntungan menggunakan mesin pencari antara lain:
—  kita tidak perlu menghapal alamat tertentu untuk mencari informasi yang kita perlukan, cukup browse ke mesin pencari lalu ketikkan nama objeknya.
—  mempermudah para pengguna baru untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Pada  umumnya para pengguna baru tidak memiliki catatan alamat sendiri, sehingga mereka hanya perlu mencari dengan menuliskan kata pada kotak pencarian.
—  sangat efektif untuk pencarian informasi bagi penelitian dan sebagainya. Karena dari mesin pencari inilah kita akan menemui berbagai informasi dari berbagai pihak.
  Faktor pendukung Mesin Pencari
—  Beberapa faktor yang mempengaruhi pencarian pada mesin pencari :
  1. — Frekuensi kata yang terdapat pada suatu situs
  2. Lokasi kata atau frase yang dicari [apakah terletak pada judul, atau bagian lainnya].
  3. —  Berapa banyak halaman dalam situs tersebut yang berisi kata kunci atau frase yang dicari.
  4. —  Desain situs, kecepatan loading, frames, dan hal-hal lainnya.

Istilah dalam Mesin Pencari
—  Keyword / Query adalah kata kunci yang digunakan dalam suatu pencarian.
—   Search box :  merupakan tempat untuk memasukkan query atau kata kunci (keyword) pencarian di dalam halaman pencarian / search engine.
—   Link / hyperlink merupakan serangkaian teks atau gambar yang dapat membawa ke posisi lain dalam suatu dokumen atau dibagian lain di Web.
—  Situs Mesin Pencari
—  Beberapa situs yang memberikan layanan pencarian informasi, yaitu :
—  Google (www.google.com)
—  Yahoo (www.yahoo.com)
—  Altavista (www.altavista.com)
—  Lycos (www.lycos.com)
—  InfoSeek (www.infoseek.com)
—  Dogpile (www.dogpile.com)
—  MSN (www.msn.com)
—  IndonesiaSearch (www.indonesiasearch.com)
—  Hotbot (www.hotbot.com)
—  FastSearch (www.fastsearch.com)
—  Wikipedia (http://id.wikipedia.org/)
  Perbedaan antara Mesin Pencari
—  Perbedaan antara satu mesin pencari dengan yang lainnya terletak pada keunikan cara penyimpanan data masing-masing, metode pencocokan informasi dan pengindeksannya
—  Setiap mesin pencari berbeda dalam hal ukuran, kecepatan, dan isinya.
—  Kualitasnya pencarian tergantung pada :
  1. —  sejauh mana sebuah mesin pencari dapat mencari hasilnya
  2. —  sebanyak apa sumber data yang dapat dicari oleh mesin pencari tersebut
  3. —  frekuensi update data mesin pencari tersebut.

Mesin Pencari Terpopuler
—  Dari sejumlah mesin pencari yang tersebut, Google adalah mesin pencari yang paling populer.
—  Google merupakan mesin pencari yang memiliki database besar dan terdistribusi di berbagai negara. Dengan demikian, maka kelengkapan databasenya tidak diragukan.
—  Selain itu, Google juga mempunyai fitur (kelengkapan fasilitas) yang baik, sehingga kita dapat mencari informasi menurut format, waktu, dan bahasa tertentu

—  Google

  • —  Google merupakan sebuah mesin pencari terbesar saat ini dengan misi mengatur informasi yang berguna dan dapat digunakan oleh siapa pun.
  • —  Google menggunakan kombinasi yang unik antara perangkat keras dan lunak yang canggih.
  • —  Kecepatan yang tinggi adalah hasil dari efesiensi algoritma pencarian yang dilakukan oleh beberapa ribu komputer, yang dihubungkan dalam sebuah jaringan kerja untuk membangun sebuah mesin pencari yang super cepat.
—  PageRank Google
—  Bagian terpenting dari perangkat lunak yang digunakan Google adalah PageRank, yaitu :  sebuah sistem yang merangking halaman Web [dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford pada tahun 1998].
—  Situs yang penting dan berkualitas tinggi akan memperoleh lebih banyak PageRank, dan akan diingat oleh Google pada tiap-tiap pencarian.
—  Setiap halaman yang penting tetap saja tidak berguna bila ternyata tidak sesuai dengan keinginan kita. Oleh karena itu, Google mengombinasikan PageRank dengan teknik pembandingan teks untuk mencari halaman Web yang penting dan relevan dengan apa yang kita cari
  Pencarian dengan Google
—  Pencarian dengan Google cukup sederhana, yaitu : dengan memasukan kata kunci dari informasi yang akan Anda cari ke dalam search box dan menekan tombol Google Search.
—  Dalam hitungan detik, informasi yang relevan akan ditampilkan dalam halaman hasil pencarian Google.
—  Pada saat kita mencari data atau informasi di Web dengan menggunakan mesin pencari, maka prosesnya adalah :
  • —  mesin pencari memeriksa indeks yang disusun pada databasenya
  • —  mencocok hasil indexing dengan kata kunci yang dicari.
  • —  Setelah data yang cocok ditemukan, mesin pencari akan menyajikannya dalam bentuk daftar link pada layar komputer
  • —  Klik salah satu link yang ada untuk mengantarkan ke situs yang sesuai dengan pencarian.

Tips Pencarian dengan Google
—  Melakukan pencarian informasi di antara bermilyar halaman Web bukanlah pekerjaan yang  mudah. Jika tidak diperhitungkan sebelumnya, maka aktivitas pencarian Anda akan berubah menjadi World Wide Waste. Agar hal itu tidak terjadi, sebaiknya kita menyusun strategi sebelum mulai melakukan pencarian.
—  Google sudah menyiapkan berbagai fasilitas  kemudahan dalam melakukan pencarian.
—  Pencarian Buku
books<spasi>about<spasi>nama_buku
(Kita  juga bisa melihat atau membaca beragam teks dari buku-buku aktual di seluruh dunia pada www.books.google.com. Hanya saja, yang dapat kita buka atau baca adalah yang karyanya tidak dilindungi hak cipta.)
—  Pencarian Definisi
       define<spasi>keyword
(Selain itu, Google juga bisa menjadi penterjemah bahasa. Perhatikan link “Languange Tools” yang ada di sebelah kanan kotak pencarian di homepage Google. Klik link tersebut, Anda akan diantarkan ke layanan penerjemahan Google. Ada banyak bahasa yang tersedia disana.)
—  Tips Pencarian dengan Google(3)
—  File dengan ekstensi tertentu
       keyword<spasi>filetype:tipe_file
—  Pencarian informasi pada site tertentu
       walaupun pada umumnya situs-situs tertentu memiliki mesin pencari yang sifatnya lokal, akan tetapi jika kita memerlukan pencarian pada situs tertentu dan tidak tersedia mesin pencari lokal maka kita bisa  menggunakan fasilitas google, dengan ketik :
       keyword<spasi>site<:>nama_site
—  Pencarian Link yang terhubung pada suatu site
link<:>nama_site

—  Pencarian Gabungan Kata
Untuk pencarian dengan satu kata pastinya kita tidak begitu sulit,namun untuk dua kata atau lebih , terkadang hasil yang didapatkan tidak sesuai yang kita inginkan. kita dapat menggunakan tanda petik (“”) pada kata yang kita cari.
—  Pencarian Sinonim
Pakai tanda ~” untuk mencari sinonim kata.  Ketikkan karakter ini di depan sebuah kata (tanpa spasi). Dengan begitu Google akan mencari halaman berisi kata yang dimaksud atau sinonimnya.
—  Pencarian Gambar
       nama_gambar<spasi>pictures
—  Pencarian nomor telepon
Google bisa juga di gunakan mencari nomor  telepon,tetapi hanya nomor yang susah diregestrasi atau terdaftar [untuk nomor di Indonesia belum bisa].
       Phonebook<:>nama_orang<,>lokasi
—  Pencarian penulis tertentu:
author<:>nama_penulis
—  Pencarian Alat
Kita juga dapat mencari alat tertentu yang kita butuhkan dengan google  dengan mengetikan :
nama_alat<spasi>maker
—  Menyelesaikan pertanyaan
pertanyaan<*>
—  Pencarian aman tanpa situs porno
safesearch<:> sekskeyword
—  Fasilitas Tambahan Google
—  Konversi
Selain untuk pencarian google juga dapat melakukan berbagai konfersi kurs mata uang dunia selain itu kurs nya selalu berubah untuk tiap harinya penggunaanya: nilai_uang<spasi>mata_uang<spasi>in<spasi>
       mata_uang_konversi
—  Kalkulator
Google juga dapat digunakan sebagai kakulator, perintahnya :
       angka<operator>angka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar